Rabu, 30 Maret 2011

Pro Kontra

Jadi pengen nulis tema ini gara-gara di twitter lagi pada ribut tentang ini. Mungkin hal ini ga jauh dari kita selama ini. Ada yang pro ada yang kontra. Pas sekolah ngelekat banget hal ini mungkin dari dulu sampe sekarang. Ada yang bilang itu sama aja nyuri ada yang bilang itu pahala. Yap, ga lain ga bukan "nyontek". Well, semua itu kembali ke diri kita masing masing. Gimana kita mandang hal itu ataupun memperlakukan hal tersebut. Sebenernya gue bukan orang yang pro tapi ga kontra juga.

Dulu waktu gue kelas 10 gue sering nyontek tapi jujur kalo ngebet atau nyontek pake hp gue ga berani. Selain resikonya besar gue ngerasa itu kayak korupsi yang besarnya pake banget. Selama ini sih kalo gue nyontek ga pernah ngerencanain ya tergantung juga kalo gue emang ga bisa ya gue nyontek. Kalo di pandangan gue sih gimana kita memperlakukan nyontek itu sendiri. Kalo gue ya kayak tadi kalo emang guenya ga bisa dan ada kesempatan gue nyontek tapi kalo gue bisa ngerjain sendiri ya gue lebih seneng mengandalkan diri gue sendiri. Kadang gue ngerasa juga pas gue nyontek jawabannya malah salah dan jawaban gue bener. Nyesek. Gue kadang marah marah sama diri gue sendiri "ingetan lo tuh bagus banget ndah! please pake ingetan lo aja!" tapi tetep aja gue suka ga pede. Tapi sejak ulangan biologi kemaren gue bener-bener kapok buat nyontek ternyata apa yang diri gue bilang bener kok jawaban gue malah yang bener mana banyak banget lagi jawaban gue yang bener tapi ya akibat gue nyontek jawaban gue jadi salah.

Semenjak kelas 11 gue temenan sama banyak anak remas OSIS pun juga dominan sama remas. Mereka bener-bener punya gaya pikir yang kritis. Gue malah ngerasa gue yang terlalu sempit mandang hidup gue ini. Mereka terlalu luas memandang hidup ini. Kebanting abis maaan! Mereka bukan orang yang suka nyontek ya tapi beberapa mau menyontekan tapi kalo buat nyontek mereka ga sama sekali. Tadi gue baru dapet keajaiban dari ga nyontek dan belajar tekun. Ulangan fisika tadi gue dapet 6 hihihihi ga nyangka banget selama ini ga pernah lebih dari 52,5. Allah buka pintu hati gue kali ya kalo gue tuh ga bego kalo gue usaha ga ada yang ga mungkin :) Gue kadang kadang juga sebel sama orang yang hidupnya buat nyontek aja apa dipikiran mereka ga takut akan hal hal yang akan datang? misal pas UN pengawasnya susah naujubilah mereka mau jawab pake apa kalo ga bisa nyontek? alhasil selama sebulan isinya deg2an aja takut ga lulus. Atau gue sebel kadang kadang hidup itu ga adil temen gue ada yang pinter dan rajin waktu itu dia sms gue gara gara ga dapet jalur undangan dia ngedown banget yaiyalah! kalo gue jadi dia juga gitu liat perjuangan dia selama ini belajar, rajin doa, ga nyontek, jujur, semangat gue ga tega jujur. Sedangkan temen gue yang lain ada yang dapet undangan padahal ga ada apa apanya dibanding temen gue yang satu lagi itu yang ga dapet undangan. Gue juga suka ngerasa sistem pendidikan Indonesia ga adil ga semua nilai rapot itu bagus karena pinter kan? pasti ada juga hal lain yang buat rapot kita itu ga bagus. Misal kita slek sama gurunya atau gurunya slek sama kita atau pas itu kita ga ngerti materinya, atau kita lebih milih memakai otak kita, jujur, dibanding ngeliat jawaban temen yang udah jadi.

Ya pada akhirnya sih semua kembali kepada kita gimana kita menyikapinya :)

-seperti diving semakin kedalam semakin besar tekanannya semakin sulit mencapainya tetapi semakin banyak karang indah yang bisa kita nikmati------indah---

NB : jangan pernah memaksakan pendapat kita untuk orang lain karena belum tentu orang tersebut mempunyai pandangan yang sama dengan kita :)

have a great day people ;)
-indah-

1 komentar:

Kasih Abadi mengatakan...

Betul tuh segala sesuatu itu diambil berdasarkan hati bukan nafsu...ketika nafsu kita dahulukan...logika tdk akan berjalan secara rasional.....Taukah bahwa hasil penelitian Otak manusia 12% hanya mampu memecahkan masalah kita, sedangkan 88% dikendalikan oleh otak alam bawah sadar....Mungkin inilah mengapa kita selalu mempersulit masalah yg kita hadapin, padahal masalah itu bisa kita hadapi dgn mau mencoba.....Jadi jangan paksa diri kamu dgn hal2 yang tdk mampu kamu lakukan, So Pasti Ketika kita menghadapi masalah apapun, serahkan kepasrahan kepada Tuhan, & jangan paksakan kehendak kamu kepada orang lain ataupun menyalahkan diri sendiri atau orang lain.....

It's perfect cooooy..
kasih.hati2011@gmail.com
http://www.youtube.com/watch?v=we5P3hbdbcA Mengejar mimpi anak Binusian
http://www.youtube.com/watch?v=mlg712UZx3s Frustasi
http://www.youtube.com/watch?v=Lnm_iR5neZc Satukan Jiwa